Categories
Lain-lain

Penjelasan dan Contoh Tarian Sunda Lengkap

Indonesia memiliki beragam tarian khas, termasuk Tarian Sunda yang sudah ada sejak lama dan masih bertahan sampai saat ini. Tentu saja, anda sebagai orang yang lahir dan besar di Indonesia juga wajib mengetahui budaya anda sendiri.

Walau pun anda tidak tinggal di daerah Sunda, atau daerah Jawa Barat, anda juga memiliki kewajiban untuk menjaga kebudayaan tersebut agar tidak hilang dimakan waktu.

Karena alasan tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih jauh terkait Tarian Sunda lengkap dengan contohnya. Apa saja? Berikut ini penjelasan lengkap nya dari aidstreatmentaccess.

Tarian Sunda

Tahukah anda bahwa ada banyak orang yang mengagumi kebudayaan di Indonesia, termasuk salah satunya adalah kebudayaan Sunda. Menariknya, kebudayaan Sunda ini berhasil bertahan sampai saat ini dan diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Alasan utama kenapa kebudayaan Sunda memiliki banyak peminat, salah satunya karena kebudayaan tersebut, dalam hal ini tarian, memiliki pesan moral dan cerita tersendiri, baik itu cerita rakyat, cerita tentang kerajaan, dan masih banyak lagi.

Menariknya, setiap tarian tersebut memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi gerakan atau pun peralatan yang digunakan. Karena itulah ada beragam tarian yang wajib untuk anda ketahui lebih jauh tidak hanya sekedar mengetahui namanya saja.

Tari Jaipong

Tarian Sunda yang pertama dan menjadi tarian yang paling populer yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah Tari Jaipong. Sudah ada sejak tahun 1980, tarian ini diperankan oleh banyak orang atau berkelompok. Walau sempat tidak diminati, tapi kini tari Jaipong berhasil memikat banyak orang tidak hanya orang Indonesia, tapi juga dari luar negeri.

Ada banyak wisatawanyang kagum akan keunikan tari Jaipong, dan apabila anda belum pernah melihatnya, maka cobalah untuk melihat pertunjukan tari jaipong secara langsung maka anda akan terkagum dan paham kenapa ada banyak orang yang juga menyukainya.

Tari Ketuk Tilu

Seperti yang sudah kami singgung pada awal pembahasan, bahwa masing masing Tarian Sunda memiliki ciri khas dan mengandung cerita tersendiri. Untuk tari Ketuk Tilu, biasa digunakan untuk menyambut masa panen padi pada zaman dulu.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas semua nikmat yang sudah diberikan. Tentu saja, tarian ini sendiri menggunakan alat musik sebagai pengiringnya yang mana setiap lantunan musiknya memiliki keunikan tersendiri.

Tari Topeng Babakan

Sama seperti beberapa tarian yang lain, tarian ini memiliki ciri khas tersendiri dengan mengenakan topeng. Sedangkan untuk penggunaan alat musik sendiri tarian ini menggunakan cukup banyak alat musik antara lain gendang besar, kromong tiga, rebab, gong buyung, dan kulater. Karena menggunakan banyak alat musik, maka setiap lantunan musiknya akan sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Sama seperti namanya, tarian ini sendiri dibawakan berdasarkan per babak, karena itulah dikenal sebagai tarian babakan. Yang mana pada masing masing babak memiliki cerita tersendiri.

Jadi, itulah beberapa contoh Tarian Sunda dan penjelasannya yang mana masing masing tarian memiliki keunikan tersendiri dan tidak heran apabila ada banyak orang yang akhir nya mengaguminya. Anda sebagai orang Indonesia tentu wajib menjaga kebudayaan tersebut agar tetap ada sampai kapan pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.