Categories
Lain-lain

Contoh Tari Kelompok Lengkap Dengan Asal Daerah

Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya, termasuk salah satunya adalah tari kelompok yang mana menjadi salah satu jenis tarian Indonesia, yang beraneka ragam karena berasal dari daerah daerah yang berbeda.

Tentu saja, luas wilayah Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan budaya membuat Indonesia memiliki banyak sekali tarian khas Indonseia. Anda pun sebagai orang yang lahir dan tinggal di Indonesia juga wajib mengetahui hal tersebut.

Dari sekian banyak jenis tarian, kali ini kami akan berfokus dengan pembahasan tari kelompok yang mana Indonesia memiliki banyak sekali tarian tersebut. Apa saja dan seperti apa penjelasannya, semua akan kami bahas pada artikel kali ini.

Pengertian Tari Kelompok

Sesuai dengan namanya, tarian ini dilakukan dengan berkelompok yang terdiri dari beberapa orang atau berkelompok. Tarian ini bisa dilakukan baik berpasangan pasangan atau pun secara masal yang dilakukan oleh banyak orang sekaligus.

Selain itu, beberapa orang juga menyebut tarian ini sebagai tarian massal karena memang dilakukan oleh banyak orang sekaligus. Tidak ada yang salah dengan dua penyebutan tersebut, yang terpenting adalah pemahaman akan tarian kelompok itu sendiri.

Ciri ciri Tari Kelompok

Setiap budaya, khususnya tarian tentu memiliki ciri khas tersendiri, termasuk dengan ciri tari massal yang akan kami bahas berikut ini. Dengan mengetahui ciri khasnya, anda pun bisa dengan mudah mengenali tarian tersebut setiap kali melihatnya.

Apa saja ciri dari tarian kelompok? Berikut ini beberapa poin yang perlu anda perhatikan.

  1. Dilakukan berpasangan atau lebih dari dua orang
  2. Memiliki interaksi yang jelas sesama penari
  3. Memiliki kombinasi dari beragam hal
  4. Tarian akan memecah fokus setiap penonton
  5. Memiliki pola lantai yang tertata dengan rapi.

Dengan mengetahui ciri dari tarian massal tersebut, anda pun bisa langsung mengenali tarian ini apabila anda melihatnya baik itu secara langsung atau pun melalui beberapa media seperti video dan sebagainya.

Contoh Tari Kelompok

Dari sekain banyak tarian, tari kelompok cukup menarik karena memang dimainkan oleh banyak orang. Tapi, tahukah anda tari apa saja yang tergolong dalam tarian massal? Berikut ini adalah beberapa contoh dari tari massal yang ada di Indonesia.

Tari Piring

Salah satu tarian khas Sumatera Barat, ini masuk dalam kelompok tarian massal. Hal ini sudah jelas karena tarian piring dimainkan atau diperankan oleh banyak orang sekaligus. Tarian yang satu ini juga sangat terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga di beberapa negara lain.

Tari piring sendiri memiliki makna sebagai rasa syukur untuk Tuhan yang Maha Esa dan biasa dilakukan saat panen raya. Kini tari piring pun tidak hanya dilakukan saat panen saja, tapi juga dilakukan di beberapa acara dan tidak hanya di daerah Sumatra saja.

Tari Totor

Selanjutnya terdapat Tari Totor yang berasa dari daerah Sumatra Utara. Gerakan dari tarian kelompok ini cukup dinamis dan biasa dibawakan oleh pria atau pun wanita. Tentu saja, tarian ini diperankan oleh banyak orang, sampai belasan orang dan semua gerakan yang ada pada tarian ini cukup unik.

Jadi, itulah beberapa contoh dari tari kelompok yang ada di Indonesia. Tentu masih ada banyak lagi tarian tarian lain yang masuk dalam kategori kelompok atau massal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.