Categories
Bank

Cara Daftar BPUM BRI Lengkap Sampai Proses Pencairan

cara daftar BPUM BRI akan membantu anda untuk bisa mendapatkan bantuan BLT UMKM atau bantuan khusus untuk para pelaku usaha kelas kecil. Bantuan dari pemerintah ini memang diberikan secara gratis tapi terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi.

Terlebih karena bantuan ini khusus ditujukan kepada para pelaku usaha kelas kecil anda sebagai pemilik usaha juga wajib menyertakan beberapa dokumen yang membuktikan kepemilikan usaha yang sedang anda jalankan tersebut.

Apabila semua tahapan sudah anda penuhi, maka anda pun hanya tinggal menunggu proses pencairan saja. Bagaimana panduan lengkapnya? Berikut ini aidstreatmentaccess jelaskan dengan lengkap setiap langkahnya.

Cara Daftar BPUM BRI

sesuai dengan namanya BPUM BRI pada dasarnya adalah bantuan BLT untuk para pelaku usaha, hanya saja saat ini disebut dengan nama yang berbeda yakni BPUM atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro. Jadi, harus anda ingat pula bahwa bantuan ini khusus ditujukan kepada mereka para pelaku usaha mikro.

Karena ditujukan untuk para pelaku usaha mikro, maka sudah jelas uang yang akan didapatkan juga disesuaikan yakni Rp 1.2 Juta. Uang tersebut diharapkan bisa memulihkan para pelaku usaha mikro untuk kembali bangkit setelah diterjang badai pandemi beberapa waktu yang lalu.

Nilai tersebut tentu akan terlihat kecil bagi anda yang memiliki bisnis kelas besar, tapi uang tersebut akan sangat berarti kepada mereka yang memang benar benar mengalami kebangkurtan akibat pandemi.

Di bawah ini adalah panduan lengkap bagi anda yang memang ingin melakukan pengajuan bantuan UMKM atau BPUM BRI :

  • Lengkapi setiap dokumen pendukung mulai dari KTP, bidang usaha, nomor telephone, SKU atau keterangan usaha, informasi tempat tinggal dan usaha.
  • Pastikan anda sudah melakukan pengecekan setiap persyaratan pada situs resmi pemerintah
  • Datang ke Dinas Koperasi dan UMKM di tempat anda dengan melengkapi setiap syarat
  • Lakukan pendaftaran
  • Proses pengecekan akan dilakukan oleh pihak dinas terkait.
  • Apabila ada dokumen yang belum lengkap, pada tahapan ini lah anda akan diminta untuk melengkapi.
  • Apabila semua sudah sesuai dengan ketentuan, maka anda akan masuk sebagai penerima BPUM BRI.
  • Tunggu proses pencairan akan dilakukan.

Proses tersebut memang terlihat sederhana, hanya saja untuk pencairan BPUM BRI akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak akan bisa anda lakukan saat itu juga. Keputusan pencairan akan di lakukan oleh pemerintah lewat dinas terkait.

Apabila sudah tiba waktu pencairan bantuan BLT UMKM, maka anda pun akan dihubungi dan melakukan pencairan melalui bank BRI. Jangan lupa, untuk proses pencairan juga terdapat syarat khusus yang perlu anda lakukan namun tidak lah sesulit seperti syarat BPUM BRI yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Dinas terkait pun juga berhak menolak pengajuan anda apabila anda tidak masuk dalam kriteria yang ada. Apabila anda memang tidak masuk dalam kriteria, maka proses pengajuan tidak akan pernah bisa anda lakukan. Tapi, apabila memang kurang syarat dokumen maka hal tersebut bisa anda lengkapi menyusul.

Sekian untuk cara daftar BPUM BRI dan semoga bisa membantu anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.